KELAS KERJASAMA PROGRAM STUDI MAGISTER (S2) TEKNIK MESIN

PENDAHULUAN

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia telah menjadi salah satu sasaran dari setiap jenjang program pendidikan. Dalam upaya penigkatan kualitas tersebut, Program studi Magister Teknik Mesin (PSMTM) adalah salah satu program studi tujuan yang tepat untuk peningkatan kualitas kompetensi dibidang sistem mekanika yang banyak dibutuhkan pada berbagai sector formil dan nonformil. PSMTM telah diakui oleh BAN PT dengan memiliki akreditasi A dan menjadi salah satu program studi yang masuk dalam daftar penerima beasiswa LPDP sejak tahun 2019.

PSMTM memiliki VISI: Menjadi Program studi terkemuka dalam kegiatan layanan pendidikan, penelitian dan penerapan ipteks khususnya di bidang sistem mekanika (mechanical system) yang berdaya saing untuk mendukung keberlanjutan global dengan berbasis benua maritim Indonesia dengan tujuan pendidikan adalah:

Menghasilkan lulusan Magister yang:

  1. Mempunyai kemampuan untuk berprestasi dalam pengembangan bidang ilmu terutama pada bidang sistem mekanika (Mechanical System)
  2. Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan riset pengembangan dalam bidang sistem mekanika (Mechanical System)
  3. Mempunyai kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah masyarakat dengan cara penalaran ilmiah, khususnya dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan sistem mekanika (Mechanical System)
  4. Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan penonjolan profesinya dalam spektrum yang lebih luas dengan mengkaitkan bidang ilmu yang dimilikinya guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  5. Menghasilkan produk-produk ilmu pengetahuan seperti publikasi ilmiah dan purwarupa (prototipe) dibidang sistem mekanika.
  6. Melakukan kerjasama dengan pihak terkait seperti industri dan pemerintah untuk saling bersinergi

PSMTM memiliki sumberdaya sarana dan prasarana yang sangat mumpuni dengan ketersediaan laboratorium untuk riset yang lengkap dan ditunjang oleh peralatan  penelitian yang terstandar dan berkualitas. Selain itu PSMTM memiliki staf pengajar yang semuanya bergelar doktor baik berasal dari perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam rangka perluasan akses pendidikan pada jenjang magister khususnya magister teknik mesin yang berada didaerah pada lingkup propinsi Sulawesi Selatan serta melihat besarnya potensi minat dari calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan maka PSMTM berencana membuka kelas kerjasama/kemitraan.

Kelas kerjasama merupakan bagian dari kelas regular dengan waktu perkuliahan dilaksanakan pada sore hari dan juga dapat dilakukan pada hari sabtu. Kelas kerjasama ini untuk mewadahi calon mahasiswa yang berniat melanjutkan pendidikan namun telah bersatus pegawai/karyawan baik instansi pemerintah maupun swasta namun terikat dengan jadwal waktu kerja yang ketat.

BENTUK KERJASAMA

Bentuk kerjasama dimaksud bertujuan untuk peningkatan sumberdaya manusia di Propinsi Sulawesi Selatan, khususnya staf/pegawai/karyawan yang bekerja pada instansi pemerintah/industry maupun swasta. Bentuk kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama bidang pendidikan untuk program Magister Teknik Mesin. Kerjasama pendidikan akan dijalin dengan semua stake holder  baik berasal dari instansi pemerintah, industri (BUMN dan Swasta) yang telah memiliki MoU dan perjanjian kerjasama antara Fakultas Teknik Unhas dan Instansi Terkait. Pendidikan Magister Teknik Mesin  dilaksanakan berdasarkan peraturan rektor tentang  penyelenggaraan program Magister Universitas Hasanuddin

JUMLAH MAHASISWA

Kerjasama dapat dilaksanakan apabila jumlah peserta yang mengikuti program pendidikan magister Teknik Mesin minimal 15 (lima belas) orang, apabila jumlah peserta kurang dari 15 (lima belas) orang maka penyelenggaraan pendidikan magister dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama.

PEMBIAYAAN

Pelaskanaan kerjasama ini dibiayai oleh setiap peserta pendidikan dengan perincian pembiayaan  sebagai berikut:

  1. Biaya pendaftarn Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) dibayar hanya satu kali saat pendaftaran.
  2. Biaya sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) sebesar Rp. 12.000.000 (Dua Belas Juta Rupiah)

LAMA STUDI, TEMPAT KULIAH DAN UJIAN

Proram pendidikan magister ini dirancang dalam 4 (empat) semester dan bila tidak dicapai dalam 4 (empat) semester akan diupayakan sesuai peraturan akademik tentang penyelenggaraan program magister Universitas Hasanuddin. Pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan di Departemen Teknik Mesin Universitas Hasanuddin yang dapat dilaksanakan dengan luring dan daring (menggunakan aplikasi SIKOLA) dengan metode blended learning. Pelaksanaan ujian seluruhnya dilakukan dengan metode luring yang bertempat pada Departemen Teknik Mesin Unhas.

Brosur dapat diunduh pada link berikut: BROSUR