Latar Belakang

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 515/E/02014 tentan Izin Penyelenggara Program Studi DOKTOR ilmu Teknik Mesin (PSD-ITM) adalah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dalam upaya untuk memberikan kontribusi positif dan signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi sehingga member manfaat yang besar bagi institusi, masyarakat dan bangsa. Penyelenggaraan program studi Doktor ini akan mendukung terwujudnya tujuan strategis Universitas Hasanuddin yang tertuang dalam renstra Unhas 2011-2015 menuju universitas berstandar internasional. Untuk tercapainya tujuan ini, maka visi, misi dan tujuang penyelenggaraan program studi ini telah dirumuskan sebagai berikut:

Visi:

“Menjadi pusat unggulan penelitian, rekayasa, dan penerapan ilmu teknik mesin yang berorientasi dan berwawasan global dengan semangat budaya maritime”.

Misi:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian, kualitas, pengetahuan luas, penguasaan teknologi maju serta inovasi dan daya saing dibidangnya baik secara regional, nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang teknik mesin dengan semangat budaya maritim dengan karya-karya ilmiah yang berkontribusi baik secara regional, nasional maupun internasional.
  3. Membangun pusat unggulan untuk penelitian, rekayasa, dan penerapan ilmu teknik mesin untuk pembangunan berkelanjutan dalam era persaingan global.
  4. Menyebarluaskan teknologi terkini untuk peningkatan kualitas hidup dan mempertahankan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

Tujuan Penyelenggaraan:

  1. Meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang teknik mesin
  2. Meningkatkan mutu sumber daya manusia khususnya dalam bidang teknik mesin untuk mendukung pengembangan industri yang maju dan mampu bersaing dalam era pembangunan berkelanjutan.
  3. Menghasilkan lulusan berkualifikasi:
  • Memiliki integritas ilmiah serta keterampilan penerapannya didalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Memiliki kemampuan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendekatan teori, konsep dan paradigm yang paling sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dibidang keahliannya termasuk masalah yang kompleks yang memerlukan pendekatan lintas disiplin
  • Memiliki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran serta hasil-hasil penelitiannya baik dengan kelompok pakar sebidang (peer group) maupun dengan khalayak yang lebih luas.
  1. Mengembangkan jaringan internasional dalam pendidikan dan penelitian.

Mata Kuliah Pendukung Penelitian:

  1. Kajian Bidang Konversi Energi yang meliputi; Pemodelan dan Optimasi, Sistem Penyimpanan energy Termal, Sistem Pemanfaatan Energi Terbarukan, Aliran Dua Fase dan Dinamika Fluida, Sistem Pembakaran, Teknologi Plasma, Teknik Proses, Metode Finite Volume, Perpindahan Panas Radiasi, Teknologi Nano.
  2. Kajian Bidang Perancangan, Manufaktur dan Otomasi yang meliputi; Mekanika Benda Laut, Plat dan Cangkang Lanjutan, Metode Elemen Hingga Dinamis, Getaran Mekanik dan Akuistik Lanjut, Mekanika Kekuatan Material Lanjutan, Sistem Kendali Cerdas, Manipulator Robot, Optimasi Manufaktur, Metode Variasional, Rekayasa Biomekanik.
  3. Kajian Bidang Rekayasa Material yang meliputi; Fisik dan Struktur Material, Makromekanik Komposit, Analisis Permukaan Material, Termodinamika Metalurgi, Korosi Temperatur Tinggi, Korosi Biologik, Perancangan Fasilitas Industri, Analisis Retakan Material, Teknik Pengecoran Lanjut, Tribologi Material.

Staf Pengajar

  1. Andi Erwin Eka Putra, Dr.Eng., ST., MT.
  2. Ahmad Yusran Aminy, Dr.,Ir.,MT.
  3. Azwar Hayat, ST., M.Sc., Ph.D.
  4. Daeng Paroka, ST., MT., Ph.D.
  5. Dahlang Tahir, Prof., Dr., Ir., ME.
  6. Effendy Arif, Prof., Dr., Ir., ME.
  7. Hairul Arsyad, Dr., ST., MT.
  8. Hammada Abbas, Prof., Dr., Ir., MSME.
  9. Ilyar Renreng, Dr., Ir., MT.
  10. Jalaluddin, M.Eng., ST., MT.
  11. Johannes Leonard, Dr., Ir., DEA.
  12. Luther Sule, Dr., Ir., MT.
  13. Muhammad Syahid, Dr., ST., MT.
  14. Nasaruddin Salam, Prof. Dr., Ir., MT.
  15. Novriany Amaliyah, Dr.Eng., ST., MT.
  16. Onny Sutresman, Prof. Dr., Ir., MT.
  17. Rafiuddin Syam, ST., MT., Ph.D.
  18. Rustan Tarakka, Dr., ST., MT.
  19. Sapta Asmal, Dr., ST., MT.
  20. Syukri Himran, Prof. Dr., Ir., MS.
  21. Wahyu H. Piarah, Prof. Dr-Ing., Ir., MSME.
  22. Zulkifli Djafar, Dr., Ir., MT.
  23. Zuryati Djafar, Dr., Ir., MT.

BIAYA PENDIDIKAN

Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) tunggal sejumlah Rp. 15.000.000,- per semester.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Dapat diperoleh pada Bagian Tata Usaha Program Pascasarjana UNHAS, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kampus UNHAS Tamalanrea Makassar 90245 Telp. (0411) 585034 – 585036 Fax. : (0411) 585868. e-mail : info@pasca.unhas.ac.id http://pasca.unhas.ac.id