Kurikulum PS-S1-TM 2023

Visi Program Studi

Visi Program Studi Teknik Mesin Universitas Hasanuddin:

“Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan sarjana teknik mesin (strata satu) yang mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (Ipteks) dalam bidang konversi energi, konstruksi mesin dan metalurgi”.

Misi Program Studi

  1. Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas ipteks guna menunjang dan mendorong kesejahteraan masyarakat.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan program untuk menghasilkan sarjana dalam bidang keahlian khusus teknik mesin dengan kriteria sebagaimana yang terkandung di dalam visi pendidikan ini yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, berpenampilan intelektual, memiliki kemampuan akademik dan kemampuan profesional, berorientasi dan berwawasan masa depan serta sanggup berkinerja baik dan optimal di lingkungannya.
  3. Mengembangkan dan menerapkan kurikulum yang bersifat dinamis dan akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat, perkembangan ilmu dan teknologi dan antisipasi ke masa depan.

Profil Profesional Mandiri (PPM)

Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Mesin adalah dengan menghasilkan lulusan yang memiliki:

  1. Mahasiswa mampu menerapkan matematika dan ilmu pengetahuan dasar, pengetahuan dan keterampilan teknik mesin untuk menyelesaikan masalah sistem mekanis (Academic Accomplishment)
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan keterampilan manajerial, komunikasi yang efektif, etika profesional, keselamatan dan kesehatan kerja dalam karir professional (Professional Accomplishment)
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap ketahanan (budaya benua maritim) dan terus menerus mengembangkan diri melalui pendidikan, penelitian, profesionalisme, dan kewirausahaan baik dalam skala nasional maupun internasional (General Accomplishment)

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan merupakan gambaran kompetensi lulusan Program Studi Sarjana Teknik Mesin (PS-S1-TM) 1 tahun setelah menyelesaikan pendidikan sarjana. Dari hasil tracer study (tahun 2018 dan 2023), Profil lulusan PS-S1-TM merujuk kepada bidang pekerjaan atau jenis pekerjaan yang berkaitan dengan langsung dengan industri. Adapun profil lulusan yang diharapkan dapat berperan sebagai:

  1. Perancang Mesin (Mechanical Designer)
  2. Supervisor Produksi
  3. Pengontrol Kualitas (Quality Control)
  4. Mechanical Engineer
  5. Peneliti (Researcher)
  6. Project engineer

Profil Profesional Mandiri PS-S1-TM UNHAS selanjutnya dijabarkan dalam tujuan penyelenggaraan program studi.

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)  Program Studi adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan program studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenjang program studinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

Capaian Pembelajaran PS-S1-TM, Departemen Teknik Mesin, FT Unhas, dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk berkomunikasi sebagai satu tim secara efektif baik lisan maupun tulisan, dalam lingkungan akademis dan profesional (S1)
  2. Kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan proses, sistem operasi, dan peralatan dengan mempertimbangkan efek teknis dan non teknis dari kegiatan industri dan bekerja secara bertanggung jawab, profesional dan memahami etika profesi dan sadar akan kesehatan dan keselamatan kerja (S2)
  3. Kemampuan untuk menunjukkan sikap ketahanan tinggi berdasarkan budaya maritim, untuk berkembang dan beradaptasi dengan tantangan masa depan sebagai pembelajar seumur hidup (S3)
  4. Kemampuan untuk memahami matematika, ilmu dasar dan dasar Teknik untuk memecahkan masalah dalam sistem mekanik (P1)
  5. kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip Teknik Mesin untuk menyelesaikan masalah dalam sistem Teknik mesin (P2)
  6. Kemampuan untuk menganalisis masalah dalam sistem mekanik melalui proses investigasi, analisis data dan penafsiran. (K1)
  7. Kemampuan untuk melakukan penelitian yang meliputi identifikasi, perumusan dan analisis masalah menggunakan pemodelan, simulasi pada sistem mekanis (K2)
  8. Kemampuan untuk merancang sistem, peralatan dengan pengetahuan tentang proses desain untuk kebutuhan khusus. dengan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, konsistensi, penerapan, dan Keberlanjutan (K3)

Setiap CPL PS-S1-TM telah dilengkapi dengan beberapa tingkatan indikator kinerja. Indikator kinerja ini telah disosialisasikan kepada dosen dan mahasiswa, diintegrasikan ke dalam kurikulum, serta telah diukur dengan cara yang konsisten dan reliabel. Tabel 5 menunjukkan indikator kinerja untuk setiap CPL PS-S1-TM.

Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Indikator Kinerja (IK) PS-S1-TM

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Indikator Kinerja (IK)
1 Kemampuan untuk berkomunikasi sebagai satu tim secara efektif baik lisan maupun tulisan, dalam lingkungan akademis dan profesional (S1) 1.a Mampu berkomunikasi secara aktif dan efektif dengan mempertimbangkan perspektif sosial budaya
1.b Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang diakui secara internasional untuk menyampaikan informasi secara jelas dan efektif dalam konteks profesional.
1.c Mampu berkomunikasi secara lisan dan/atau tertulis dalam bahasa yang diakui secara internasional untuk menyampaikan informasi sesuai standar teknik secara efektif di lingkungan profesional global.
2 Kemampuan untuk  mengelola dan mengembangkan proses, sistem operasi, dan peralatan dengan mempertimbangkan efek teknis dan non teknis dari kegiatan industri dan bekerja secara bertanggung jawab, profesional dan memahami etika profesi dan sadar akan kesehatan dan keselamatan kerja (S2) 2.a Mampu merencanakan dan melaksanakan tugas-tugas secara efektif sesuai dengan standar penilaian program dan evaluasinya.
2.b Mampu menganalisis dampak teknologi bidang teknik terhadap kesejahteraan publik, keselamatan lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan
2.c Mampu  mengelola tugas dalam kegiatan industri dengan mempertimbangkan aspek etika, peraturan dan standar profesional .
3 Kemampuan untuk menunjukkan sikap ketahanan tinggi berdasarkan budaya maritim, untuk berkembang dan beradaptasi dengan tantangan masa depan sebagai pembelajar seumur hidup (S3) 3.a Mampu menunjukkan toleransi, saling pengertian, dan penghargaan terhadap perbedaan budaya dalam bekerja sama secara sinergis dalam tim.
3.b Mampu belajar mandiri dan berkelanjutan melalui ceramah, penelitian, eksperimen, pelatihan praktis, latihan, dan penugasan.
3.c Mampu   mengembangkan diri dan beradaptasi dengan tantangan dalam bidang pekerjaan yang digeluti sebagai  pengembangan profesional berkelanjutan
4 Kemampuan untuk menerapkan matematika dan ilmu dasar  untuk memecahkan masalah dalam sistem mekanis (P1) 4.a Mampu  menjelaskan konsep matematika dan ilmu-ilmu dasaryang relevan untuk menyelesaikan masalah dalam disiplin program teknik mesin
4.b Mampu memanfaatkan konsep matematika dan ilmu-ilmu dasar (fisika, biologi, kimia),  yang relevan untuk  menyelesaikan masalah dalam sistem mekanis
4.c Mampu merancang dan mengoptimalkan sistem mekanis dengan menggunakan konsep matematika dan ilmu-ilmu dasar
5 Kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip Teknik Mesin untuk menyelesaikan masalah dalam sistem mekanis (P2) 5.a Mampu menjelaskan prinsip-prinsip teknik mesin dalam pemecahan masalah sistem mekanis
5.b Mampu menerapkan prinsip-prinsip teknik mesin dalam pemecahan masalah sistem mekanis dengan memanfaatkan teknik dan metode yang relevan
5.c Mampu mengembangkan dan mengoptimalkan sistem mekanis dengan menggunakan prinsip-prinsip teknik mesin
6 Kemampuan untuk menganalisis masalah dalam sistem mekanis melalui proses investigasi, analisis data dan penafsiran. (K1) 6.a Mampu mengidentifikasi  masalah sistem mekanis  berdasarkan keilmuan teknik mesin.
6.b Mampu melaksanakan eksperimen di laboratorium fisik, simulasi komputer, dan eksperimen lapangan untuk mendukung analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks teknik.
6.c Mampu  memanfaatkan  teknologi informasi yang relevan menganalisis dan menyelesaikan masalah sistem mekanis
6.d Mampu menganalisis eksperimen di laboratorium fisik, simulasi komputer, dan eksperimen lapangan untuk mendukung analisis dan pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah sistem mekanis
7 Kemampuan untuk melakukan penelitian yang meliputi identifikasi, perumusan dan analisis masalah menggunakan pemodelan, simulasi pada sistem mekanis (K2) 7.a Mampu menggunakan simulasi komputer  untuk  mendukung analisis masalah dalam penelitian
7.b Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah dalam penelitian teknik mesin
7.c Mampu menganalisis masalah dan  implementasi solusi menggunakan simulasi dan pemodelan dalam penelitian teknik mesin
8 Kemampuan untuk merancang sistem, peralatan dengan pengetahuan tentang proses desain untuk kebutuhan khusus.  dengan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, konsistensi, penerapan, dan Keberlanjutan (K3) 8.a Mampu menggambar komponen/sistem mekanis menggunakan piranti teknik untuk mendukung perancangan dari sistem mekanis
8.b Mampu memilih material untuk perancangan sistem mekanis
8.c Mampu melaksanakan proses manufaktur mendukung perancangan sistem mekanis
8.d Mampu melaksanakan proses manufaktur mendukung perancangan sistem mekanis
8.e Mampu melakukan perhitungan menggunakan piranti teknik untuk mendukung perancangan komponen dan sistem mekanis
8.f Mampu  mempertimbangkan aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan, keselamatan, keberlanjutan, serta memanfaatkan pengetahuan budaya, masyarakat, dan sumber daya yang tersedia untuk mendukung proses perancangan komponen dan sistem mekanis
8.g Mampu merancang komponen, sistem, dan proses teknik dengan memanfaatkan pemikiran multidimensi serta pengetahuan yang relevan untuk menghasilkan solusi yang efektif dan inovatif.

CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, pengetahuan  dan  keterampilan. CPL ini kemudian dijabarkan ke dalam Indikator Kinerja yang menghubungkan dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). CPMK adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut. Indikator kinerja menunjukkan faktor kontribusi CPMK terhadap pencapaian CPL. CPMK terdiri dari beberapa Sub-CPMK yang merupakan kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK sesuai bahan kajian. CPMK diukur dan diamati yang merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut. Secara keseluruhan pembebanan dari CPL ke MK dapat dilihat pada Tabel berikut

Tabel Pembebanan Capaian Pembelajaran Lulusan terhadap Mata Kuliah PS-S1-TM

Struktur Kurikulum

Dalam kurikulum PSTM ini terdapat 4 kategori kelompok mata kuliah diimplementasikan pada struktur kurikulum yaitu:

1.    Matematika dan Ilmu Dasar

2.    Dasar Teknik Mesin

3.    Perancangan dan Aplikasi Mekanikal

4.    Penunjang

Struktur mata kuliah PS-S1-TM yang dibagi berdasarkan kelompok mata kuliah